OS: ULASAN2

ULASAN2: Virtualization in Operating System

Video ini dikutip dari YouTube dengan link https://youtu.be/XItj08D5KPk. Video ini berjudul "Virtualization As Fast As Possible" dan diupload oleh Techquickie. Video ini berdurasi 6 menit 16 detik dan telah ditonton lebih dari 187.000 orang.


Video ini membahas tentang konsep virtualisasi pada sistem operasi, dimana untuk melakukan virtualisasi diperlukan aplikasi bernama Virtual Machine (VM). Virtualisasi merupakan sebuah proses dimana sebuah sistem operasi dijalankan pada sistem operasi lainnya. Tidak seperti sistem operasi yang dipasang pada disk, sistem operasi yang dijalankan pada sebuah VM tidak dapat secara langsung mengakses hardware pada komputer, sehingga dikembangkan prosesor yang mendukung virtualisasi pada tahun 2000-an. Sistem operasi yang dijalankan pada sebuah VM juga memiliki banyak kegunaan, seperti melakukan backup data, software testing, dan sebagainya.


Menurut saya, video ini sangat berguna karena menjelaskan konsep virtualisasi dengan sangat detil dan mudah untuk dimengerti. Selain itu, penyajian materi disertai dengan contoh sehingga maksud dari pemaparan materi dapat tersampaikan. Virtualisasi juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti software development, gaming, dan sebagainya.


Github Account : andreramz
URL Ulasan : http://andreramadhanios.blogspot.com/2017/05/os-ulasan2.html
URL Video : https://youtu.be/XItj08D5KPk
Pemetaan : week10
Revisi Pertama : 6 Mei 2017
Revisi Terakhir : 6 Mei 2017

Komentar